Untuk meng-“install” Joomla dan CMS lainnya tak harus menguasai PHP dan MySQL lebih dulu.

1. Carilah “hosting” yang mendukung kontrol panel bernama Cpanel yang sudah didukung Fantastico. Fantastico berisi puluhan “script” untuk membangun “website”, termasuk CMS Joomla dkk. Dengan Fantastico, meng-“install” CMS bisa dilakukan hanya dengan beberapa kali klik.
2. Jika ingin meng-“install” Joomla secara manual, “download” file zip di www.joomla.org, pilih versi yang “stable”. Jangan ekstrak file zip tadi, langsung “upload” menggunakan File Manager atau FTP, baru kemudian dengan File Manager diekstrak langsung ke “server”. Cara ini lebih cepat daripada meng-“upload” file hasil ekstrakan satu per satu.
3. Jika menggunakan instalasi manual, ikuti perintah instalasi yang ada. Jika sudah selesai, hal pertama yang asyik dilakukan adalah mengganti “template”. Tersedia banyak “template” gratis.
4. Sebagai referensi, lihatlah koleksi template “template” di www.joomlart.com,www.ijoomla.com, www.templateplazza.com. Produk Joomlart untuk portal “web” yang terkenal adalah JA Teline seharga mulai dari 49 dollar AS. Ijoomla: news portal seharga 79,95 dollar AS.
5. Bergabunglah dengan komunitas Joomla dunia dan juga Joomla Indonesia seperti di www.id-joomla.com.
6. Rajin-rajinlah memantau “update” software untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

(Disadur dari salah satu koran Ibukota)