Flowchart

√ Flowchart  adalah  representasi  grafik  dari  langkah-langkah  yang  harus  diikuti  dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing  simbol  merepresentasikan  suatu  kegiatan  tertentu.

√ Flowchart  diawali  dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output.

√ bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.

√ suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program

Simbol-simbol yang digunakan adalah sebagai berikut:

Simbol Flowchart

Simbol Flowchart

Flowchart terdiri dari 3 struktur:

1. Struktur Sequence / Sederhana

Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan.

Bentuk flowchart tersebut seperti:

Flowchart Sequence

Flowchart Sequence

Contoh dari flowchart dengan struktur sequence ini seperti algoritma untuk menghitung luas segitiga, luas persegi panjang, luas lingkaran.

2. Struktur Branching / Percabangan

Diagram yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa percabangan.

Flowchart dengan stuktur percabangan  digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya.

Bentuk flowchart tersebut seperti :

Flowchart Branching

Flowchart Branching

contoh : flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan yang dimasukan ganjil atau genap

3. Struktur Looping / Perulangan

Flowchart dengan Struktur perulangan digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.

Bentuk flowchart tersebut seperti:

Flowchart Looping

Flowchart Looping

Contoh dari flowchart ini misalnya algoritma untuk menentukan bilangan ganjil dibawah nilai 20. Sehingga proses mencetak bilangan tersebut akan dilakukan sampai kondisi terpenuhi yaitu 20.

Catatan:

Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.

VARIABEL

Digunakan sebagai tempat untuk menyimpan nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variabel itu sendiri dan nilai yang disimpan.

Contoh pemberian nilai ke variabel :

A = 5 –> artinya Variabel A akan diberi nilai 5

A = B –> artinya Variabel A akan diberi nilai sama dengan nilai variabel B.

A = A + 1 –> Variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1.

Jenis variabel terbagi atas:

1. Variabel numerik –> berisi angka numerik / bilangan.

2. Variabel string –> berisi karakter / untaian karakter

Struktur Branching / Percabangan

1. Bersyarat

Diagram yang alurnya ada / banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu kondisi dengan dua pilihan BENAR/SALAH.  Struktur dari percabangan yang bersyarat terdiri dari:

- If Then

- If Then Else

- If Then Else If

- Case of

2. Tidak Bersyarat

Struktur : GO TO

Bentuk umum penulisannya adalah GO TO Label



About these ads